SILABUS KIMIA SMA MATERI SISTEM KOLOID

SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA
(KURIKULUM 2013)
Satuan Pendidikan    : SMA
Kelas                           : XI
Materi pokok             :  Sistem Koloid
Kompetensi Inti
KI 1 :   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :  Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1       Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaranTuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.

·     Sistem koloid
·     Sifat koloid
·     Pembuatan koloid
·     Peranan koloid dalam kehidupan sehari-hari dan industri













  
 Mengamati (Observing) 
·     Mencari informasi dari berbagai sumber dengan membaca/mendengar/mengmati tentang sistem koloid, sifat-sifat koloid, pembuatan koloid dan peranan koloid dalam kehidupan sehari-hari
·     Mencari contoh-contoh koloid yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari.
Menanya (Questioning)
·      Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan perbedaan larutan sejati, koloid dan suspensi, sistem koloid yang terdapat dalam kehidupan (kosmetik, farmasi,  bahan makanan dan lain-lain)
·     Mengapa piring yang kotor karena minyak harus dicuci menggunakan sabun?

Mengumpulkan data  (Eksperimenting)
·     Mendiskusikan hasil bacaan tentang sistem koloid, sifat-sifat koloid, pembuatan koloid dan peranan koloid dalam kehidupan sehari-hari
·     Merancang percobaan pembuatan koloid dan mempresentasikan hasil rancangan untuk menyamakan persepsi
·     Melakukan percobaan pembuatan koloid
·     Mengamati dan mencatat data hasil percobaan
·    Mendiskusikan bahan/zat yang berupa koloid dalam industri farmasi, kosmetik, bahan makanan, dan lain-lain
Mengasosiasi (Associating)
·     Menganalisis dan menyimpulkan data percobaan
·     Menghubungkan sistem koloid dengan sifat koloid
·    Diskusi informasi tentang koloid liofob dan hidrofob
Mengkomunikasikan (Communicating)
·    Mempresentasikan hasil rangkuman tentang sistem koloid, sifat-sifat koloid, pembuatan koloid dan peranan koloid dalam kehidupan sehari-hari
·    Membuat laporan percobaan dan mempresen-tasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang benar
·    Mengkomunikasikan    peranan koloid dalam industri farmasi, kosmetik, bahan makanan, dan lain-lain.
Tugas
·     Membuat peta konsep tentang sistem koloid, sifat-sifat koloid, pembuatan koloid dan peranan koloid dalam kehidupan sehari-hari
dan mempresentasi-kannya

·     Merancang percobaan pembuatan koloid










Observasi
·     Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi, misalnya: melihat  skala volume/suhu, cara menggunakan senter (effek Tyndall)
cara  menggunakan pipet, menimbang,  keaktifan, kerja sama, komunikatif, tanggung jawab, dan peduli lingkungan, dsb)

Portofolio
·     Laporan percobaan

Tes tertulis uraian
·     Pemahaman sistem koloid, sifat koloid,  dan pembuatan koloid



3 mgg x 4 jp






























-    Buku kimia kelas XI
-    Lembar kerja
-    Berbagai sumber lainnya
















2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.





2.2       Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.

2.3      Menunjukkan perilaku responsive dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan

3.1     Menganalisis peran koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya







3.2  Mengajukan ide/gagasan 
       Untuk memodifikasa
       Pembuatan koloid berdasar
     kan pengalaman membuat
     beberapa jenis koloid


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar